Kecanduan Gadget


Kecanduan Gadget



Gadget memang sudah menjadi kebutuhan utama di jaman ini. Tidak hanya sebagai alat penunjang komunikasi, namun juga membantu dalam aktivitas-aktivitas lainnya. Namun, kehadiran gadget tidak hanya memberikan dampak positif saja. Ada beberapa dampak negatif yang sering dialami pengguna-pengguna gadget, terutama dalam masalah psikologis. Tidak hanya pada orang dewasa saja, dampak psikologis ini juga dapat terjadi pada anak-anak.
Seperti yang terjadi pada kasus di Bondowoso pada bulan januari 2018, dua siswa yang masih duduk di bangku SMP dan SMA sangat kecanduan menggunakan handphone dan tanpa disadari mereka terkena gangguan psikologis. Mereka dilarikan ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso.
Kecanduan handphone bagi dua siswa ini sudah tergolong parah. Bahkan salah satunya membenturkan kepalanya ketembok saat ia ingin sekali menggunakan handphonnya. Orangtua perlu mengawasi ana-anaknya lebih jeli lagi. Dalam kasus ini orangtua menyadari anaknya yang telah terkena gangguan psikologisnya saat anaknya tidak mau berangkat sekolah dan turunnya prestasi akademik disekolahnya.
Faktor lingkungan juga sebenarnya sangat mempengaruhi kasus ini, dikarenakan dua sisawa ini kurangnya kasih sayang dari lingkungan akhirnya mereka melampiaskan dengan bermain gadget.
Oleh karena itu bagi orangtua harus lebih mengawasi anak-anaknya saat bermain gadget. Ada saatnya waktu untuk bermain dan ada saatnya waktu untuk belajar. Bukan hanya peringatan bagi orangtua saja, disini kita disadarkan bahwa pintar-pintarlah kita dalam menggunakan gadget. Gunakan seperlunya dan harus adanya literasi dalam diri kita. Semoga bahasan kali ini memberikan pelajaran dan pengetahuan bagi diri kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Ulat dalam coklat Silver Queen, PT Ceres memberikan klarifikasi

Desainer cantik “Dian Pelangi” mengukir banyak prestasi

Tips Merawat Kuku dengan Mudah